Senin, 06 Februari 2012

Gunung Kaba

Gunung kaba yang letaknya tidak jauh dari gunung dempo (3172 mdpl) merupakan gunung api kembar dengan gunung hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati.

Untuk mencapai puncak gunung kaba ini pendaki telebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong - Curup. Curup dapat dicapai dari barat (bengkulu) sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau.

Dari Curup menuju ke kampung bukit kaba dan berkemah si sumber urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.

Pendakian menuju ke puncak sampai di pematang durian dari sumber urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan. dari pematang durian sampai ke puncak Kaba sekitar 2 jam perjalanan. tetapi seperti halnya gunung dempo jalan di gunung cukup lembab sehingga juga terdapat pacet yang membuat pendaki sedikit lebih waspada.

Gunung Kaba adalah gunung berapi yang terletak di perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dan Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. Dari Kota Curup, gunung ini berada di sebelah tenggara dengan jarak sekitar 15 km.

Lokasi disekitar Gunung Kaba merupakan salah satu cagar alam untuk perlindungan bunga Rafflesia.
Gunung kaba yang letaknya tidak jauh dari gunung Dempo (31172 mdpl) merupakan gunung api kembar dengan gunung hitam yang telah padam. Pada puncaknya terdapat tiga buah kawah yang cukup indah untuk dinikmati.

Untuk mencapai puncak gunung kaba ini pendaki telebih dahulu menuju Kota Kabupaten Rejang Lebong – Curup. Curup dapat dicapai dari Barat (Bengkulu) sekitar 90 km perjalanan dan juga pendaki dapat mencapainya dari arah timur yaitu dari Palembang lewat Kabupaten Lahat dan Lubuk Linggau.

Dari Curup menuju ke kampung bukit Kaba dan berkemah di Sumber Urip (sebelah utara gunung) kurang lebih 25 km dari Curup.

Pendakian menuju ke puncak sampai di Pematang Durian dari Sumber Urip kurang lebih sekitar 4 jam perjalanan. Dari Pematang Durian sampai ke puncak Kaba sekitar 2 jam perjalanan. tetapi seperti halnya gunung Dempo jalan di gunung cukup lembab sehingga juga terdapat banyak pacet yang membuat pendaki sedikit lebih waspada.

Satu lagi objek wisata alam yang ada dibengkulu tepatnya di daerah Kecamatan Curup, Kecamatan Padang Ulak tanding dan Kecamatan Kepahiang Kabupaten Rejang Lebong, bagi anda yang suka akan tantangan ada sebaiknya anda mencoba objek wisata yang satu ini, Bukit gunung ka’ba. Penjalan dari kaki bukit ka’ba ke puncak gunung yang membutuhkan waktu kurang lebih 8jam ( dengan berjalan kaki) ini tertebus oleh pesona dan keindahan alam yang disajikan oleh gunung ini. Dimana kita dapat menikmati mata hari terbit dari sebelah timur dimana lukisan alam yang alami terbentuk sehingga kita merasa terbuai oleh keindahannya. Gunung bukit ka’ba berupa kawah gunung yang dapat menyemburkan asam dan belerang mendorong orang mendaki gunung setinggi 3.560 meter dari permukaan laut. Sepanjang perjalan mendaki gunung ini juga tak kalah menariknya dimana kita dapat menjumpai berbagai satwa liar yang ada di hutan gunung bukit ka’ba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar