Senin, 06 Februari 2012

Segara Anak Rinjani

Salam Lestari !!!
Gunung Rinjani, yang merupakan gunung tinggi di wilayah Lombok Nusa Tenggara Barat, dengan ketinggian 3.726 mdpl, bagi pendaki adalah merupakan The Five Star Tracking atau artinya Pendakian Bintang Lima. Bila kita memilih hotel berbintang lima, itu berarti hotel paling tinggi di kelasnya. Saat Belantara Indonesia pada kurun waktu sekitar tahun 2008 menuju Rinjani, pada serial ekspedisi 3 gunung, Semeru, Agung, Rinjani, jalur Sembalun yang kami lalui, karena jalur Sembalun merupakan jalur yang relatif menjadi idola bagi pendaki dan akan banyak menemui pemandangan indah disana.


Jalur ini menjadi pilihan utama bila tujuan pertama kawan semua adalah Puncak Rinjani, jalur didominasi oleh padang savana luas, pohon - pohon cemara gunung seperti malu-malu bergerombol di tengah - tengah ilalang, dari pintu gerbang sampai pos Padabalang, bisa dilalui antara 4 - 6 jam perjalanan, diantara ilalang bisa kita temukan jejak - jejak letusan berupa sungai - sungai dalam berisi pasir dan batu hitam,  juga kemungkinan akan bertemu dengan sapi - sapi yang jumlahnya dapat diperkirakan lebih dari seribu ekor di padang ilalang ini.

Melewati jalur ini terasa lebih santai karena jarang terdapat bukit - bukit curam, bisa dibilang landai - landai saja sampai di Padabalang. Dari Padabalang menuju Pelawangan Sembalun ( 2.902 mdpl ) baru akan terasa melewati pendakian sesungguhnya selama 2 - 3 jam perjalanan, para pendaki biasa menyebut bagian ini sebagai "Bukit Penyiksaan" atau Bukit Penyesalan walaupun sebenarnya jika kita bisa lebih santai maka kita bisa menikmati paduan padang savana dengan kumpulan hutan cemara dan padang Edelweis .

Tiba di Pelawangan Sembalun, segera bersiap menuju Segara Anak yang terkenal indah di antara kaldera Rinjani timur dan melewati savana berbentuk ilalang. Ya sekitar 3 jam kita sampai di Segara Anak yang mengingatkan pada danau Ranu Gumbolo di Semeru . Sesampai di Segara Anak iringan kabut menjela, semakin indah dan merasakan keadaan yang alami, diselingi ngobrol ngalor ngidul ngetan ngulon, dan seolah enggan beranjak, jika tak ingat bahwa tujuan utama adalah sampai di puncak Rinjani. Dan kesempatan langka sampai disana jika tak mengikuti Ekspedisi Tiga Gunung ini.

Sebaiknya jika menuju Rinjani, terapkan waktu yang tak terburu - buru agar bisa menikmati keindahan alam yang bagaikan surga..( Kayak pernah ke Surga...) Sulit di tuliskan indahnya dan sulit di gambarkan. Apalagi jika di Segara Anak menyempatkan bermalam beberapa hari dengan membuka tenda dome kita, seperti yang kami bertiga lakukan bersama para kru sponsor..he he he..Dan setelah 2 malam kita dan kami berada disana, segera puncak Rinjani kami tuju, tak jauh dan tak dekat, jarak dari Segara Anak sekitar 1500 meter lebih sedikit lagi. Waspada dan hati - hati ya saran kami....Selamat bertualang kawan.

2 komentar:

  1. Ralat: Belantara Indonesia ke Rinjani dalam Ekspedisi 3 gunung pada tahun 1998 bukan 2008 Terima Kasih..

    BalasHapus